ANALISA SEBUAH WEBSITE

ANALISA WEBSITE

berhubung tugas kuliah yang mengharuskan saya menganalisa sebuah website. jadi, kali ini saya akan menganalisa sebuah website dengan wibsite toko online  dengan link http://cybercomm-gadget.com/.
hal yang saya akan alanisa dari website ini meliputi:

1. Desain Background dan iklan
2. Kecepatan loading Website
3. Sajian bahasa
4. Dan kesimpulan

sebelum menganalisa lebih jauh saya akan memberikan screen shoot dari website tersebut.

1.Tampilan dan iklan 




kesan pertama saat melihat website ini menurut saya yaitu:

  • simple
  • elegan
  • dan tidak sembrawut


Simple

tampilan yang dihadirkan oleh website tersebut menurut saya simple dan tidak neko-neko dengan gadget yang tidak menghalangi isi artikel di website tersebut.

Elegan

dengan paduan warna hijau dan background agak abu-abu membuat mata bisa berlama-lama saat menatap website tersebut

Tidak sumbrawut

maksud dari kata sumbrawut ini yaitu webiste tidak terhalangi oleh gadget yang beterbangan disana sini yang membuat visitor terganggu.

Jadi menurut analisa saya dari tampilan di website ini sangat bagus

2. kecepatan 

berbicara tentang kecepatan, saya mengecek kecepatan website dengan menggunakan tools google developers speed test, dan berikut hasil tes kecepatan website tersebut




versi mobile menghasilkan kecepatan 46/100 dan versi desktop dengan kecepatan 57/100.
jadi statistik speed dariwebsite tersebut bisa disimpulkan bahwa kecepatan masih normal, tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat.

3. Sajian bahasa
bahasa yang digunakan di website ini cenderung lebih banyak menggunakan bahasa ingris daripada bahasa indonesianya, dan tidak ada fitur translate di website tersebut, kemungkinan pembaca atau pembeli ada yang tidak mengerti apa yang harus dilakukan, jadi sebaiknya tambahkan fitur tambahan yaitu google translate.

4.  kesimpulan
  dari analisa diatas, saya dapat menyimpulan bahwa situs tersebut menyajikan berita yang update mengenai produk-produk yang mereka sajikan di website tersebut. dan desain yang disajikan memuaskan dan memanjakan mata bagi pengakses situs tersebut. dan dapat saya simpulkan situs tersebut trafik akan meningkat.




RANGKUMAN

Menurut website Mashapada August 2013, 17.4 percent dari global web traffic berasal dari mobile devices dan angka ini akan terus tumbuh sampai 2014. Ini berarti hampir 1/5 dari global web traffic berasal dari mobile device, apakah trend ini akan terus berlanjut di masa akan datang terus melaju atau malah melambat. Tidak ada yang bisa mengetahui dengan pasti, yang jelas trend ini sedang berlangsung.
Dalam tulisan ini saya ingin berbagi mengenai fenomena pertumbuhan luar biasa mobile device ini yang kaitannya dengan website yaitu responsive website dan mobile website. Membahas kelebihan dan kekurangan di antara keduanya. Sumber dari tulisan saya ini saya ambil dari beberapa blog yang membahas responsive web design dan mobile website.
Responsive Website

Responsive WebsiteResponsive website adalah website yang bisa menyesuaikan tampilan layoutnya berdasarkan ukuran viewport dari device yang digunakan mulai dari smartphone, tablet atau computer screen. Dengan responsive website bisa memberi pengalaman yang optimal bagi pengguna dengan resizing, scrolling dan panning seminimal mungkin. Perkembangan teknologi mobile device begitu pesat melahirkan mobile device dengan ukuran layar yang berbeda dengan merek yang begitu variatif. Smartphone yang diproduksi oleh berbagai vendor memiliki varian ukuran. Dengan responsive website, website bisa menyesuaikan dengan ukuran viewport device pengaksesnya.

Mobile Website

 Mobile website secara prinsip adalah sama dengan website secara umum, yang dibuat dengan HTML, CSS, javascript, PHP. Namun perbedaannya adalah mobile website dibuat agar optimal untuk ukuran layar mobile device seperti smartphone atau tablet. Bila kita mengakses web yang memang dibuat untuk layar desktop komputer/laptop menggunakan mobile device maka akan ada scroll horizontal dan zoom yang tentu mengganggu kenyamanan pengguna (bad user experience). Adanya mobile website tentu tidak akan ada lagi masalah scrolll horizontal dan zoom dimaksud.


EmoticonEmoticon