Konsep Komputer
Asal kata komputer
Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima masukan dan selanjutnya melakukan pengolahan untuk menghasilkan keluaran.
Perangkat utama komputer adalah :
Sistem Komputer adalah Kumpulan elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dg yang diharapkan.
Pengolahan data pada sistem komputer terdiri dari 3 tahap dasar, yaitu :
Elemen Sistem Komputer
– Elemen Sistem Komputer
– Hardware dikendalikan brainware dengan bantuan software
Teknologi Informasi
1. Teknologi Informasi = Komputer
2. Teknologi Informasi
Manfaat Komputer
1. Bidang Pendidikan
2. Bidang Industri
3. Bidang Bisnis dan Perbankan
4. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
5. Bidang Penerbangan
6. Bidang Kemiliteran
7. Bidang Kedokteran
8. Bidang Kriminalitas
9. Bidang Pemerintahan
1. Tidak memiliki emosi
2. Mampu menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yg lama
3. Mampu mengurutkan dan mencari data dalam waktu singkat
4. Mampu mengolah data yang besar dengan cepat dan akurat
Komputer
1. Keunggulan
2. Kekurangan
3. Kesalahan terjadi pada komputer, jika:
Ilmu Komputer
– Menurut Edsger Djikstra :
“Computer science is no more about computers than astronomy is about telescopes”
– Menurut Donald Knuth :
“What is computer science? It’s a study of algorithm”
– Dasar ilmu komputer :
– Sub Bidang Ilmu Komputer
– Dengan perkembangan komputer yg sangat pesat, sub bidang tersebut masih sangat mungkin bertambah
– Dalami dan kuasai 1 bidang tertentu. Be a specialist!
– Ilmu Komputer dapat direfleksikan dalam 3 hal : teori, abstraksi dan desain.
1. Teori
1. Abstraksi (Pemodelan)
1.Hipotesis
2.Membuat model dan prediksi
3.Mendesain eksperimen dan pengumpulan data
4.Analisis hasil
1.Desain
1.Menentukan persyaratan
2.Menentukan spesifikasi
3.Merancang dan mengimplementasikan sistem
4.Mengetes sistem
1. Peneliti Ilmu Komputer bermain pada tataran konsep dan abstraksi
2. Praktisi Ilmu Komputer bermain pada tataran abstraksi dan desain
Kesalahan Persepsi Ilmu Komputer
1. Ilmu komputer adalah Ilmu yg mempelajari tentang komputer
2. Ilmu komputer adalah ilmu tentang menulis program
3. Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari penggunaan aplikasi
Jenis SDM Bidang Informatika Menurut PBB
1. IT Worker (ITW)
2. IT Enabled Worker (IEW)
3. Analoginya adalah seperti teknisi pembuat mobil dengan pengendara mobil.
Asal kata komputer
- Dari bahasa latin ‘computare’ yang artinya menghitung (to compute)
- Orang yg melakukan perhitungan aritmetika, dg atau tanpa alat/mesin bantu
Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima masukan dan selanjutnya melakukan pengolahan untuk menghasilkan keluaran.
Perangkat utama komputer adalah :
- Perangkat Input
- Perangkat Proses
- Perangkat Output, dan
- Perangkat Penyimpanan
- Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah Kumpulan elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dg yang diharapkan.
Pengolahan data pada sistem komputer terdiri dari 3 tahap dasar, yaitu :
- Pemasukan data
- Pengolahan data
- Pengeluaran hasil
Elemen Sistem Komputer
– Elemen Sistem Komputer
- Hardware adalahPerangkat yg secara fisik terlihat dan bisa diraba
- Software adalah Program yang berisi instruksi untuk pengolahan data
- Brainware adalah Manusia sebagai operator
– Hardware dikendalikan brainware dengan bantuan software
Teknologi Informasi
1. Teknologi Informasi = Komputer
2. Teknologi Informasi
- SI → TI
- Pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer
- Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi
Manfaat Komputer
1. Bidang Pendidikan
- Media pembelajaran interaktif
- E-Learning; E-Book; E-library; Virtual Lab
2. Bidang Industri
- Desain produk dg CAD maupun CAM
- Robot perakit
3. Bidang Bisnis dan Perbankan
- SIM
- ERP
4. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
- Simulasi dan Pemodelan
5. Bidang Penerbangan
- Autopilot
6. Bidang Kemiliteran
- Persenjataan
- Pencetus konsep-konsep komputer
7. Bidang Kedokteran
- Komputer DNA
8. Bidang Kriminalitas
- Pelacakan pelaku kejahatan
9. Bidang Pemerintahan
- E-Government
1. Tidak memiliki emosi
- Bisa menerima sembarang masukan
- Tidak akan jenuh
2. Mampu menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yg lama
3. Mampu mengurutkan dan mencari data dalam waktu singkat
4. Mampu mengolah data yang besar dengan cepat dan akurat
Komputer
1. Keunggulan
- Ketepatan komputasi
- Kecepatan pemrosesan yang terus bertambah
- Kapasitas yang makin meningkat
- Ketahanan kerja
2. Kekurangan
- Statis (Tidak bisa dinamis seperti manusia)
- Beresiko diambil alih user yg tidak berhak
- Mempersempit lapangan kerja
3. Kesalahan terjadi pada komputer, jika:
- Komponennya ada yg rusak
- Kesalahan input data (Garbage In Garbage Out)
- Kerusakan data dan/atau software
Ilmu Komputer
– Menurut Edsger Djikstra :
“Computer science is no more about computers than astronomy is about telescopes”
– Menurut Donald Knuth :
“What is computer science? It’s a study of algorithm”
– Dasar ilmu komputer :
- Matematika (metode analisis)
- Teknik (metode desain)
– Sub Bidang Ilmu Komputer
- Algoritma dan Struktur Data
- Arsitektur
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Kecerdasan Buatan dan Robotika
- Interaksi Manusia dan Komputer
- Organisasi Informatika
- Bahasa Pemrograman
- Sistem Operasi dan Jaringan
- Basis Data
- Grafika Komputer
- Ilmu Komputasi
- BioInformatika
– Dengan perkembangan komputer yg sangat pesat, sub bidang tersebut masih sangat mungkin bertambah
– Dalami dan kuasai 1 bidang tertentu. Be a specialist!
– Ilmu Komputer dapat direfleksikan dalam 3 hal : teori, abstraksi dan desain.
1. Teori
- Berlandaskan pendekatan matematika.
- Untuk mendapatkan teori yg valid, proses-prosesnya adalah :
- Definisi
- Teorema
- Pembuktian
- Penginterpretasian hasil
1. Abstraksi (Pemodelan)
- Investigasi terhadap suatu fenomena.
- Prosesnya :
1.Hipotesis
2.Membuat model dan prediksi
3.Mendesain eksperimen dan pengumpulan data
4.Analisis hasil
1.Desain
- Pendekatan teknik
- Prosesnya :
1.Menentukan persyaratan
2.Menentukan spesifikasi
3.Merancang dan mengimplementasikan sistem
4.Mengetes sistem
1. Peneliti Ilmu Komputer bermain pada tataran konsep dan abstraksi
2. Praktisi Ilmu Komputer bermain pada tataran abstraksi dan desain
Kesalahan Persepsi Ilmu Komputer
1. Ilmu komputer adalah Ilmu yg mempelajari tentang komputer
- Komputer hanyalah alat dari ilmu komputer
2. Ilmu komputer adalah ilmu tentang menulis program
3. Ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari penggunaan aplikasi
Jenis SDM Bidang Informatika Menurut PBB
1. IT Worker (ITW)
- Mereka yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus untuk melahirkan karya cipta (inovasi) di bidang informatika, seperti: program, aplikasi, algoritma, perangkat keras, metodologi, pendekatan implementasi, dan lain sebagainya
2. IT Enabled Worker (IEW)
- Mereka yang memiliki ketrampilan dalam menggunakan TI untuk membantu serta menunjang aktivitas mereka sehari-hari
3. Analoginya adalah seperti teknisi pembuat mobil dengan pengendara mobil.
EmoticonEmoticon